Posted by DKT OTOMOTIF on Thursday, July 2, 2015
APA ITU TURBO?
Turbocharger (turbo) adalah komponen tambahan untuk
meningkatkan tenaga mesin tanpa memperbesar volume silinder
(cc)mesin.Turbo memanfaatkan tenaga putaran yang dihasilkan oleh gas
buang untuk mensuplai udara lebih banyak kedalam silinder
BAGAIMANA CARA KERJA TURBO?
Pada
turbo terdapat sebatang sumbu yang pada tiap diujungnya terdapat kipas
(pinwheel) yang keduanya terletak di ruang yang berbeda.Kipas pertama
disebut turbin wheel di tempatkan pada saluran exhaust manifold yang
akan berputar bilamana gas buang melaluinya.Pada putaran ini akan
memutar keseluruhan batang sumbu berikut kipas kedua (disebut blower
impeller) yang berada diujung lainnya.Blower impeller diletakkan pada
saluran udara masuk ke mesin (inteke manifold) dimana ketika berputar
akan mendorong udara masuk kedalam mesin.Turbo akan efektif saat exhaust
manifold telah mencapai tekanan yang cukup untuk memutar turbine wheel
MENGAPA TURBO BERMANFAAT
Karena
biasanya mesin yang harus bekerja menghisap udara.Dengan kata lain,pada
saat intake valve terbuka,pergerakan turun piston akan menciptakan
ruang vakum pada silinder sehingga udara luar terhisap kedalamnya.Dengan
adanya turbo,tekanan udara pada inteke manìfold menjadi tinggi.Maka
ketika intek manifold menjadi tinggi.maka ketika intek valve
terbuka,udara akan masuk lebih banyak dan lebih cepat kedalan ruang
bakar.Hal inilah yang akan membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien
MENGAPA INTERCOOLER DIPERLUKAN?
Pada
saat didorong masuk oleh turbo,tekanan udara akan meningkat,demikian
pula dengan suhunya.utk mesin,pemanasan udara masuk ini berdampak
buruk.Pertama,menaikan temperatur ruang bakar.Kedua,panas akan membuat
udara memuai sehingga kerapatan udara berkurang.Disinilah intercooler
dibutuhkan sebagai penyeimbang.intercooler ialah pelepas panas,semacam
radiator namun bukan untuk mendinginkan engine coolant,melainkan
mendinginkan udara masul yang melaluinya.Dengan menurunnya suhu yang
masuk ke mesin ini ada dua manfaat yang di peroleh: temperatur ruang
bakar yang rendah dan kerapatan udara yang meningkat,jadi volume udara
dapat masuk lebih banyak kedalam silinder
MENGAPA WASTEGATE VALVE DIPERLUKAN?
Jika
gas buang bertambah maka putaran turbine wheel menjadi lebih
cepat,menyebabkan jumplah udara yang dihisap dan didorong oleh blower
impeller kedalam intek manifold pun bertambah banyak,bahkan dapat
berlebih.untuk mengantisipasi kerusakan yg diakibatkan dr hal ini sistim
turbo memiliki wastegat valve